Mewujudkan Keluarga Sakinah, Mawaddah, wa Rahmah




Secara harfiyah sakinah berasah dari kata sakana artinya tenang, tinggal sedangkan menurut istilah , sakinah berarti :

 السكينة زوال الرعب  “: hilangnya rasa takut. Ta’rifat . menurut ali bin Muhammad bin ali aljurjani dalam kitab ta’rifatnya beliau mengatakan: السكينة ما يجده القلب من الطمأنينة عند تنزل الغيب وهي نور في القلب يسكن إلى شاهده ويطمئن وهو مبادي عين اليقين   sakinah adalah apa apa yang hati mendapatinya dari ketenangan datangnya ketiadaan dialah cahaya dalam hati yang menetap pada yang menyaksikannya dan menjadi tenang dan dia adalah permulaan keyakinan diri . alhasil sakinah adalah ketenangan diri .  sedangkan mawaddah artinya cinta dan rahmah artinya kasih sayang,

 jadi menurut pengertian ;sakinah mawaddah dan rahmah adalah mewujudkan keluarga yang tenang(tuma’ninah) penuh cinta dan kasih sayang.

Siapa yang tidak inginkeluarganya demikian hanya orang pander yang tidak menginginkan rumah tangganya seperti di atas. Dan hal ini telah diteladankan oleh Nabi Muhammad SAW. Didalam keluarganya sehingga beliau mengatakan : بيتي جنتي ; Rumahku adalah surgaku, untk mencapai yang diinginkan ini maka kita harus meneladani Rasulullah dalam keluarga , meneladani rasul berarti merujuk kepada al-Quran dan Sunnahnya.


Inilah kiat-kiatnya:


Jadikanlah diri dan keluarga orang yang bertaqwa kepada allah SWT. Inilah modal utama untuk mencapai tujuan di atas, tanpa ini rasanya bermimpi mencapai kemenangan, karena taqwa adalah kepasrahan total kepada Allah SWT. Apapun yang terjadi akan dikembalikan kepada Allah SWT.

Wujud taqwa dikeluawarga ;

1. jagalah  lidah

Lidah adalah alat berkomunikasi, karena dengan lidah ini kita berbicara, berkomunikasi, mendapat teman atau musuh tergantung bahasa seperti apa yang kita gunakan, hati orang bias menjadi senang dengan bahasa kita atau sebaliknya  oleh karena inila Rasulullah SAW. Sangan memperhatikan lidah sampai beliau bersabda; “  قل خيرا او لتصمت “    berbicaralah kamu dengan pembicaraan yang benar atau diamlah kamu (bila tidak bias berkata benar) .  Allah berfirman didalam alquran :

 “    يا ايها الذين امنوا اتقوا الله    وقولوا قولا سديدا يصلح لكم اعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله والرسول فقد فاز فوزا عظيما “

 Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman bertaqwalah kalian kepada Allah SWT. Dan berkatalah dengan perkataan yang benar  maka akan menjadi beres/baik perbuatan perbuatan kalian dan Allah akan mengampuni dosa dosa kalian dan barang siapa taat kepada Allah dan Rasulnya maka dia akan mendapat keuntungan yang sangat besar.



Berbahasa yang benar berarti mengikuti Allah dan Rasulnya sedangkan berbahasa dusta berarti mengikuti syetan yang dilaknat oleh Allah bagaimana bisa mencapai tujuan di atas.



2. jagalah Mata

Mata adalah alat melihat bagi yang matanya tidak terganggu , kita bisa melihat apa saja yang baik atau yang jelek , yang yangtik atau yang tidak , yang besar atau yang kecil, dll. Dan mata juga adalah alat komunikasi yang baik  bila mengedipkan mata penuh arti orang bisa jatuh cinta , makanya ada pepatah “ darimana datangnya lintah darimata turun ke kali ; darimana datangnya Cinta dari mata turun ke hati”. Akan tetapi matapun bisa menyebabkan permusuhan, pertarungan bila membuka mata dengan kemarahan , oleh karena itu allah berfirman :

وقل للمؤمنين يغضوا من ابصارهم ويحفظوا فروجهم

Dan katakanlah kepda laki-laki mukmin hendaklah mereka menundukan pandangan pandangan mereka dan memelihara parji-parji (kemaluan-kemaluan) mereka .

وقل للمؤمنات يغضضن من ابصارهن ويحفظن مروجهن

Dan katakanlah kepada istri-istri mukminat  hendaklah mereka menundukan pandangan –pandangan mereka  dan memelihara farji-farji mereka.



Perzinahan bisa terjadi karena mata sebagaimana syair arab mengatakan :



نظرة فابتسامة فكلام فموعد فلقاء

Satu ,  nazhratun : pandangan ; saling memandang antara lawan jenis melahirkan ketertarikan.

Dua, ibtisamatun : tersenyum ; saling tersenyum

Tiga,kalamun: berbicara ; saling berbicara dengan ramantisnya

Empat, mau’idun:  janjian ; saling berjanji untuk kencan

Lima, liqaun:  bertemu; melakukan perzinahan

 Cukup dengan 5 langkah terjadilah perzinahan  dan diantara penyebabnya adalah mata, maka memelihara dan menggunakan mata pada yang sesungguhnya yang dibolehkan oleh Allah sangat  diperintahkan oleh Allah SWT.  Diantaranya:


-  gunakanlah mata untuk membaca   ayat- ayat Allah SWT. Baik itu ayat qauliyah-Nya ataupun ayat –ayat Kauniyah-Nya, maka hati kita akan terkendali dan menjadi tenang, Allah telah mengisyaratkan didalam al-Quran:

ن  والقلم ومايسطرون

Demi Qalam dan apa –apa yang mereka tulis

اقرأ باسم ربك اللذي خلق

Bacalah dengan nama tuhanmu yang telah menciptakan

Dua ayat di atas  yang tertrulis kita harus baca, dan kalimat membaca berarti kita menggunakan mata , sedangkan untuk membaca ayat ayat kauniyah , Allah berfirman:

سنريهم اياتنافي الافاق وفي انفسهم حتى يتبين لهم انه الحق

Akan kami perlihatkan kepada mereka ayat-ayat kami dijagatraya dan pada diri mereka sehingga nyatalah kebenaran akan Allah itu

Dan untuk dikeluarga , pandanglah istri kita dengan pandangan yang penuh kasih dan sayang maka akan terpelihara rasa cinta diantara keduanya



3. jagalah  sikap

Sikap berarti perilaku kita terhadap pasangan kita , siaklap ada yang empati ada yang antipasti, bila kita memiliki sikap empati orang akan senang dekat dengan kita dan bila kita memiliki sikap antipasti orang akan jauh dari kita bahkan kita telah menorehkan dendam kepadanya, oleh karena itu milikilah sikap empati apalagi terhadap istri kita , diantaranya :

- memiliki sikap  lemah lembut , sebagaimana diisyaratkan oleh Allah di dalam Al-Quran yang menceritakan sikap Nabi terhadap Shahabatnya ;

فبما رحمة من الله لنت لهم ولوكنت  فظا غليظ القلب لانفضوا من حولك  فاعف عنهم واستغفر لهم وشاورهم  في  الامر

Karena sebab rahmat dari Allah SWT. Engkau (Muhammad) berlaku lembut kepada mereka (shahabat) dan kalaulah engkau berlaku kasar keras hati pasti mereka akan berpencar dari sekelilingmu.  Siapa orang yang senang dengan sikap kasar sedikit sedikit marah kata kata tidak enak didengar  maka bukannya orang akan mendekat akan tetapi orang akan menjauhi dan membenci , begitujuga istri atau suami.

- memiliki sikap pemaaf

Sebagimana sikap Rasulullah SAW. Yang dinyatakan didalam al-Quran :

فاعف عنهم واستغفر لهم

Maka maafkanlah kesalahan-kesalahan mereka dan mohonkan ampunan untuk mereka .

Dua jenis manusia bersatu maka akan terjadi kesalahan kesalahan diantara keduanya , hal ini disebabkan perbedaan karakter, perbedaan lingkungan yang membesarkannya, perbedaan perilaku yang diterimanya, perbedaan pendidikan yang dialaminya dan lain-lain, sikap saling memaafkan dan saling mengampuni akan menjadi oase untuk mendinginkan persoalan yang terjadi dirumah tangga .



-  menjaga /mengendalikan  amarah

“Awal mengikuti amarah adalah kepuasan , akhir mengikuti amarah adalah penyesalan “

Setiap orang punya amarah , amarah diperlukan manusia , bahkan bagi hewan, karena amarah adalah dorongan  untuk mempertahankan diri dari bahaya yang mengancam, untuk memelihara harga diri seseorang tetapi bila tidak terkendali amarah akan membawa pada kerusakan, kebinasaan, maka Allah memerintahkan untuk menjaga dan mengendalikan Amarah sebagaimana dalam firman-Nya :

وسارعوا الى مغفرة من ربكم وجنة عرضها السماوات والارض اعدت للمتقين اللذين ينفقون في السراء والضراء والكاظمين الغيظ والعافين   عن  الناس والله  يحب  المحسنين-------

Dan bersegeralah  kamu menuju pengampunan  dari Tuhan kamu dan menuju Surga yang lusnya seluas langit dan Bumi yang disediakan bagi orang orang yang bertaqwa  yaitu orang orang yang membelanjakan hartanya dalam keadaan susah dan lapang dan mengendalikan amarahnya dan pemaaf terhadap manusia dan Allah mencintai orang –orang yang berbuat baik

Dan Rasulullah SAW. Bersabda :

ثلاث مهلكات  :ِشخ مطاع وهوا متبع واعجاب المرء بنفسه

Tiga perkara yang membinasakan ; 1. Kikir yang dita’ati,  2. Hawa nafsu yang diikuti, 3. Dan kekaguman seseorang terhadap dirinya



4. peliharalah keluarga

- berikan  rizqi yang halal untuk mereka karena kita tidak akan rela keluarga yang kita cintai dibakar dalam api karena setiap daging yang tumbuh dari barang haram maka neraka yang akan menyantapnya . Rasulullah bersabda :

كل لحم  نبت من الحرام فالنار  اولى به

Setiap daging yang tumbuh dari barang haram maka neraka yang akan menyantap daging itu ,

وان لا  يرزقه  الا  طيبا

Dan tidaklah member rizqi dia melainkan harus yang halal


- didiklah  diri dan keluarga dengan al-Quran dan as-Sunnah

يا ايها اللذين  امنوا  قوا  انفسكم واهليكم نارا


Dengan kiat-kiat di atas keluarga Sakinah, mawaddah, warohmah  akan dapat dicapai insya Allah.

Dan Baetiy Jannatiy yang menjadi slogan Rasul di keluarga akan kita rasakan . semoga.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Renungkanlah : Betapa Bodohnya Kita Jalani Hidup Ini, Jika SMS Masuk Kita Cepat baca Dan Balas, Kenapa Pada Waktu Masuk Sholat Kita Tidak Cepat Laksanakan, Isi Ulang Pulsa Rp.5000-100.000 Kita Sanggup, Tapi Kenapa Sedekah Rp.100-10.000 Terasa Berat, Waktu Mandi Macam2 Lagu Dinyanyikan, Tapi Kenapa Waktu Makan Bismilahpun Kita Lupa, Bila Pulsa Habis Susah Payah Kita Tebus, Kenapa Kita Tidak Tebus Dosa-Dosa Yg Telah Kita Lakukan ?

Gabung yuk di Facebook

Template by:
Free Blog Templates