Perbuatan-Perbuatan yang Menyempurnakan Ibadah Puasa Ramadhan


Ramadhan adalah bulan yang istimewa dan penuh berkah. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Muslim sedunia. Di bulan Ramadhan pahala ibadah dilipatgandakan. Bahkan tidurnya orang puasa itu adalah ibadah. Tapi jangan mentang-mentang tidur orang berpuasa itu ibadah, di bulan Ramadhan ini kita jadi terus-terusan tidur tanpa ada aktivitas lain (kayak hibernasi aja).
Berikut ini adalah perbuatan-perbuatan yang menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan.

Melaksanakan makan sahur
“Bersahurlah kamu karena makan sahur itu ada berkahnya” (HR. Bukhari Muslim). Makan sahur yang paling baik ialah yang hampir mendekati waktu shubuh. Saran untuk yang makannya lama, lebih baik sahurnya di awal-awal aja.

Mempercepat berbuka apabila telah tiba waktunya
“Manusia senaniasa dalam kebajikan, selama mereka cepat-cepat berbuka puasa”. (HR. Bukhari dan Muslim). Berbuka yang lebih baik ialah berbuka dengan makan buah-buahan manis. Salah satunya buah Kurma. Pada waktu berbuka dianjurkan untuk membaca doa. Hapal kan doa berbuka puasa? , minimal membaca basmalah. Jangan sampe kebanyakan makannya ya. Nanti malah tumbang sebelum shalat tarawih.

Memperbanyak membaca Al-Qur’an
“Orang-orang yang berkumpul di masjid dan membaca al-Qur’an (dan mempelajari), maka kepada mereka akan diturunkan Tuhan ketenangan bathin, dilimpahi dengan rahmat.” (HR. Muslim). Ayo, mari berlomba-lomba khatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan..


Memperbanyak shadaqah
“Shadaqah yang paling utama ialah shadaqah pada bulan Ramadhan. Nabi termasuk orang yang banyak memberi dan menolong, lebih-lebih pada bulan Ramadhan.”
Salah satunya disebutkan dalam hadits dibawah ini :
Show Hadits

Shalat Tarawih
Bisa dilakukan dengan berjama’ah atau sendiri-sendiri, boleh di masjid dan boleh di rumah atau di tempat-tempat lain. Waktunya sesudah shalat Isya sebelum waktu shubuh. Semua bacaan-bacaannya sama dengan shalat fardhu. “Barang siapa melakukan shalat malam pada bulan Ramadhan, dengan iman kepada Allah dan mengharapkan pahalanya, maka akan diampuni dosanya” (HR. Muslim)

I’tikaf
Yaitu berdiam di masjid, dengan melakukan ‘ibadah terutama pada malam 20 sampai akhir Ramadhan. “Rasulullah saw selalu mengerjakan i’tikaf pada sepuluh hari yang terakhir Ramadhan, sampai saat beliau wafat” (HR. Bukhari, Muslim). Pelaksanaannya ialah pertama-tama masuk mesjid dengan shalat tahiyyatul masjid, kemudian melaksanakan ibadah di dalamnya.

Meningkatkan ibadah terutama pada malam 20 Ramadhan ke atas
“Apabila sudah masuk sepuluh malam yang terakhir Ramadhan, maka Rasulullah sangat bersungguh-sungguh ibadah dan sepanjang malam beliau beramal serta membangunkan keluarga” (HR. Bukhari dan Muslim). Salah satu fenomena yang terjadi di sekitar rumah saya adalah pada awal2 bulan Ramadhan, masyarakat begitu semangat beribadah, terutama saat tarawih di Mesjid. Tapi begitu memasuki akhir bulan Ramadhan, ketika tarawih hanya beberapa shaf saja yang terisi. Saya pun ikut-ikutan jadi korban yang tereliminasi dari shalat tarawih di Mesjid. Mudah2an kali ini bisa semangat terus ibadahnya sampe akhir bulan.

Banyak menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan yang mengurangi nilai dan hikmat puasa
“Banyak di antara yang berpuasa, tapi hasilnya hanya lapar dan dahaga” (HR. Ibnu Huzaimah).
Gak mau puasa kita sia-sia kan?


semoga bermanfaat. 



Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.
Semoga Kita Dapat Memaksimalkan Amalan Ibadah Kita di Bulan Ramadhan Ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Renungkanlah : Betapa Bodohnya Kita Jalani Hidup Ini, Jika SMS Masuk Kita Cepat baca Dan Balas, Kenapa Pada Waktu Masuk Sholat Kita Tidak Cepat Laksanakan, Isi Ulang Pulsa Rp.5000-100.000 Kita Sanggup, Tapi Kenapa Sedekah Rp.100-10.000 Terasa Berat, Waktu Mandi Macam2 Lagu Dinyanyikan, Tapi Kenapa Waktu Makan Bismilahpun Kita Lupa, Bila Pulsa Habis Susah Payah Kita Tebus, Kenapa Kita Tidak Tebus Dosa-Dosa Yg Telah Kita Lakukan ?

Gabung yuk di Facebook

Template by:
Free Blog Templates